KOMPETENSI KEAHLIAN
"PEMASARAN"
SMK PASUNDAN TANJUNGSARI
SMK PASUNDAN TANJUNGSARI
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing)
adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan,
mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai
bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Pemasaran
dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh
menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air
dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan
dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi
kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya
segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini
memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai
dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi
konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga
(price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang
(promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar.
Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip
pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan
dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran adalah sebagai berikut :
- Menerapkan prinsip professional bekerja
- Melaksanakan komunikasi bisnis
- Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup ( K3LH )
- Memahami prinsip - prinsip bisnis
- Menata Produk
- Melaksanakan Negoisasi
- Melaksanakan Proses administrasi transaksi
- Melakukan penyerahan / pengiriman produk
- Melaksanakan penagihan pembayaran
- Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
- Menemukan peluang baru dari pelanggan
- Melaksanakan pelayanan prima ( Expansion store opening )
- Melakukan Pemasaran barang dan jasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar